Konsumen innovativeness
Tingkat dimana konsumen menerima produk baru, layanan baru, atau praktik baru. Sifat ini penting untuk konsumen dan pemasar karena keduanya bisa mendapatkan keuntungan dari inovasi yang tepat. Peneliti banyak konsumen telah mencoba untuk mengembangkan instrumen pengukuran untuk mengukur tingkat inovasi konsumen. Konsumen juga dapat selalu mengetahui produk yang baru, sehingga dapat meningkatkan penjualan produk produsen. Selain hal tersebut jika produsen selalu melakukan inovasi terhadap produknya maka konsumenpun tidak akan cepat jenuh dengan produk tersebut. Terlebih jika ada prilaku konsumen yang selalu ingin mengganti produknya dengan produk inovasi terbaru.
Contoh kasus :
Raffa merupakan mahasiswa dari salah satu kampus di Jakarta. Raffa adalah seorang pengila Gadget khususnya Smartphone. Maka jika setiap ada pengeluaran produk terbaru atau inovasi dari produk smartphone tersebut, raffa tidak akan sayang mengeluarkan biaya lebih untuk memperoleh produk baru. Walaupun terkadang produk yang dia pakai masih tergolong baru.
Consumer Compulsive Consumption
Perilaku
Konsumsi yang Kompulsif Konsumsi yang kompulsif termasuk perilaku yang
abnormal yang merupakan contoh ”sisi gelap konsumsi”. Para konsumen yang
kompulsif cenderung kecanduan; dalam beberapa hal mereka tidak dapat
mengendalikan diri, dan tindakan mereka dapat berakibat merusak diri
sendiri dan orang-orang di sekeliling mereka.
Contoh Kasus :
Hanna adalah gadis yang berasal dari keluarga yang berada. Oleh karena itu setiap akhir pekan selalu ia habiskan waktu untuk berbelanja dengan teman - temannya. Hanna adalah tipe gadis yang sangat suka sekali berbelanja, ia sangat tertarik untuk belnja tas dan sepatu khususnya, ia senang sekali berbelanja baik didalam maupun diluar negeri. Hal tersebut semakin lama akan membuat tagihan kartu kreditnya menjadi bengkak dan menumpuk. karena kebiasaan yang selalu ia lakukan maka oarang tua hanna menjadi kerepotan untuk membayar tagihan belanja hanna. Oleh karena itu sejak saat hanna menjadi semakin gila untuk belanja. Maka orang tuanyapun memblokir semua kartu kredit yang ia pegang, sehingga ia pun tidak dapat berbelanja dengan bebas dengan teman - temannya.
Consumer Ethnocentrism
Konsumen
dengan etnosentrisme tinggi akan cenderung memiliki perasaan bersalah
apabila mengonsumsi produk dari luar negeri karena berakibat buruk pada
perekonomian bangsanya sendiri. Adapun konsumen dengan etnosentrisme
rendah tidak merasakan hal tersebut. Implikasinya bagi pemasar adalah
penggunaan penekanan pada aspek kebangsaan dalam penggunaan produk dalam
negeri bagi konsumen dengan tingkat etnosentrisme tinggi.
Etnosentrisme
konsumen berasal dari konsep psikologis yang lebih umum dari
etnosentrisme. Pada dasarnya, orang etnosentris cenderung memandang
kelompok mereka sebagai superior dari orang lain. Dengan demikian,
mereka memandang kelompok lain dari perspektif mereka sendiri, dan
menolak orang-orang yang berbeda dan menerima orang-orang yang mirip
(Netemeyer et al, 1991;. Shimp & Sharma, 1987). Hal ini, pada
gilirannya, berasal dari teori-teori sosiologi sebelumnya di-kelompok
dan keluar-kelompok (Shimp & Sharma, 1987). Etnosentrisme, maka
secara konsisten ditemukan, adalah normal untuk kelompok-ke-keluar
kelompok (Jones, 1997, Ryan & Bogart, 1997).
Etnosentrisme
konsumen khusus mengacu pada pandangan etnosentris yang diselenggarakan
oleh konsumen di satu negara, dalam kelompok, terhadap produk dari
negara lain, keluar-kelompok (Shimp & Sharma, 1987). Konsumen
mungkin percaya bahwa itu tidak tepat, dan bahkan mungkin tidak
bermoral, untuk membeli produk-produk dari negara lain.
Pembelian
produk asing dapat dipandang sebagai tidak layak karena biaya pekerjaan
domestik dan melukai ekonomi. Pembelian produk asing bahkan dapat
dilihat sebagai hanya patriotik (Klein, 2002; Netemeyer et al, 1991;.
Sharma, Shimp, & Shin, 1995; Shimp & Sharma, 1987).
Atribut
Etnosentrisme konsumen individu memberikan pemahaman tentang apa pembelian yang diterima oleh kelompok-, serta perasaan identitas dan milik.Bagi konsumen yang tidak etnosentris, atau polisentris konsumen, produk dievaluasi berdasarkan jasa-jasa mereka eksklusif asal-usul kebangsaan, atau bahkan mungkin dilihat lebih positif karena mereka asing (Shimp & Sharma, 1987; Vida & Dmitrovic, 2001).
Etnosentrisme konsumen individu memberikan pemahaman tentang apa pembelian yang diterima oleh kelompok-, serta perasaan identitas dan milik.Bagi konsumen yang tidak etnosentris, atau polisentris konsumen, produk dievaluasi berdasarkan jasa-jasa mereka eksklusif asal-usul kebangsaan, atau bahkan mungkin dilihat lebih positif karena mereka asing (Shimp & Sharma, 1987; Vida & Dmitrovic, 2001).
Brodowsky
(1998) mempelajari etnosentrisme konsumen di antara pembeli mobil di
Amerika Serikat dan menemukan hubungan positif yang kuat antara
etnosentrisme tinggi dan negara-berbasis bias dalam evaluasi mobil. Konsumen
dengan etnosentrisme rendah muncul untuk mengevaluasi mobil lebih
didasarkan pada manfaat dari mobil sebenarnya bukan negara
asalnya.Brodowsky menunjukkan bahwa etnosentrisme konsumen pemahaman
sangat penting dalam memahami negara asal efek.
Anteseden Beberapa etnosentrisme konsumen telah diidentifikasi oleh berbagai penelitian. Konsumen
yang cenderung kurang etnosentris adalah mereka yang masih muda, mereka
yang laki-laki, orang-orang yang berpendidikan lebih baik, dan mereka
dengan tingkat pendapatan yang lebih tinggi (Balabanis et al, 2001;.
Baik & Huddleston, 1995, Sharma et al, 1995)
Balabanis et al. menemukan
bahwa faktor-faktor penentu etnosentrisme konsumen dapat bervariasi
dari satu negara ke negara dan budaya ke budaya. Di Turki, patriotisme
ditemukan motif yang paling penting untuk etnosentrisme konsumen. Ini,
itu diteorikan, adalah karena budaya kolektivis Turki, dengan
patriotisme menjadi ekspresi penting dari kesetiaan kepada kelompok. Di
Republik Ceko lebih individualistis, perasaan nasionalisme berdasarkan
rasa superioritas dan dominasi muncul untuk memberikan kontribusi yang
paling penting untuk etnosentrisme konsumen.
Contoh Kasus :
Tuan Harsan adalah seorang warga yang sangat mencintai produk yang dibuat dalam negeri, hal tersebut karena model serta gaya yang dibuat oleh dalam negeri sudah sangat disenangi oleh pak Harsan. Hal tersebut membuat pak Harsan menjadi orang yang sangat mencintai produk dalam negeri. Jika pak Harsan menggunakan produk luar negeri hal tersebut akan dapat sangat menggagu perasaan pak Harsa, sehingga, jika ia melakukan aktivitasnya ia selalu menggunakan produk buatan sendiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar