Minggu, 10 April 2011

Penemuan Planet Baru yang Mirip dengan Bumi

Beberapa waktu lalu, para astronom yang terdiri dari 73 astronom yang berasal bari beberapa negara memastikan bahwa telah di temukanya planet yang mirip dengan bumi. Planet tersebut berjarak 20.5 tahun cahaya gugus bintang libra. Penemuan planet yang terletak diluar tata surya ini kemungkinan masih diselimuti oleh permukaan air. Planet tersebut mengorbit bintang Gliese 581. Planet tersebut di temukan dengan menggunakan telaskop khusus berasal dari cili.

   Mereka menyatakan bahwa suhu yang hangat dan nyaman karena diselimuti oleh permukaan air. Secara teoritis hal tersebut dapat mempertahankan kehidupan disana.
Mereka memperkirakan suhu antara 0 - 40 derajat celcius. Radius planet 1,5 kali radius bumi dan simulasi memprediksi planet ini akan memiliki permukaan berbukit seperti Bumi dan akan diselimuti lautan.

  Berdasarkan bintang yang tetap menyadarkannya, para ilmuwan yang menemuka planet tersebut diberi nama OGLE-2005-BLG-390Lb. Namun karena pengaruh gravitasi dapat membuat cahaya bintang melengkung, sehingga menyebabkan fenomena pengamatan tidak stabil.

OGLE-2005-BLG-390Lb besarnya 5,5 kali lipat dari bumi. Jarak dengan bintang tetap yang disandarnya sendiri sejauh 390 juta km, dan jarak ini jika berada di dalam sistem galaksi, kira-kira berada di antara Jupiter dan Mars. Satu lingkaran evolusi peredarannya mengelilingi bintang tetap, yakni satu tahun-nya itu, menghabiskan waktu 10 tahun bumi.







sumber : http://www.bbc.co.uk/indonesian/indepth/story/2007/04/070425_superearth.shtml
              http://www.swaberita.com/2008/08/05/news/penemuan-planet-baru-menyerupai-bumi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar