Senin, 22 Oktober 2012

Evaluasi Alternatif Sebelum Pembelian

Proses Pengambilan Keputusan Pada Konsumen
  Setelah konsumen menerima pengaruh dalam kehidupannya maka mereka sampai pada keputusan membeli atau menolak produk. Pemasar dianggap berhasil kalau pengaruh-pengaruh yang diberikannya menghasilkan pembelian dan atau dikonsumsi oleh konsumen. Keputusan konsumen, tingkatan-tingkatan dalam pengambilan keputusan, serta pengambilan keputusan dari sudut pandang yang berbeda bukan hanya untuk menyangkut keputusan untuk membeli, melainkan untuk disimpan dan dimiliki oleh konsumen.

Konsep Keputusan
  Keputusan adalah suatu pemilihan tindakan dari dua atau lebih pilihan alternatif. Bila seseorang dihadapkan pada dua pilihan, yaitu membeli dan tidak membeli tapi memilih membeli, maka dia ada dalam posisi membuat keputusan. Semua orang mengambil keputusan setiap hari dalam hidupnya tanpa disadari. Dalam proses pengambilan keputusan, konsumen harus melakukan pemecahan masalah dalam kebutuhan yang dirasakan dan keinginannya untuk memenuhi kebutuhan dengan konsumsi produk atau jasa yang sesuai. 

Aspek-Aspek Pemilihan Keputusan
  • Produk yang murah – Produk yang lebih mahal
  • Pembelian yang sering – Pembelian yang jarang
  • Keterlibatan rendah – Keterlibatan tinggi
  • Kelas produk dan merek kurang terkenal- Kelas produk dan merek terkenal
  • Pembelian dengan pertimbangan dan – Pembelian dengan pertimbangan
  • pencarian yang kurang matang. dan pencarian intensif
Analisis Pengambilan Keputusan oleh Konsumen

  1. Sudut Pandang Ekonomis
Konsumen sebagai orang yang membuat keputusan secara rasional, yang mengetahui semua alternative produk yang tersedia dan harus mampu membuat peringkat dari setiap alternative yang ditentukan dipertimbangkan dari kegunaan dan kerugiannya serta harus dapat mengidentifikasikan satu alternatif yang terbaik.

    2.   Sudut Pandang KongnitifKonsumen sebagai cognitive man atau sebagai problem solver. Kosumen merupakan pengolah informasi yang selalu mencari dan mengevaluasi informasi tentang produk dan gerai. Pengolah informasi selalu berujung pada pembentukan pilihan, terjadi inisiatif untuk membeli atau menolak produk. Cognitive man berdiri di antara economic man dan passive man, seringkali cognitive man punya pola respon terhadap informasi yang berlebihan dan seringkali mengambil jalan pintas, untuk memenuhi pengambilan keputusannya pada keputusan yang memuaskan.

   3.    Sudut Pandang Emosional

Menekankan emosi sebagai pendorong utama, sehingga konsumen membeli suatu produk. Favoritisme buktinya seseorang berusaha mendapatkan produk favoritnya, apapun yang terjadi. Benda-benda yang menimbulkan kenangan juga dibeli berdasarkan emosi.
Anggapan emotional man itu tidak rasional adalah tidak benar. Mendapatkan produk yang membuat perasaannya lebih baik merupakan keputusan yang rasional.

Model Sederhana Untuk Menggambarkan Pengambilan Keputusan Konsumen.
 
Pengaruh Eksternal
Usaha-usaha pemasaran pemasaran Lingkungan social budaya, seperti :
  • keluarga
  • sumber informal
  • sumber non komersial
  • kelas social
  • budaya dan sub budaya
Pengambilan Keputusan Pada Konsumen

a. Sadar akan kebutuhan
b. Mencari sebelum membeli
c. Mengevaluasi alternatif

Area psikologis
a. Motivasi
b. Persepsi
c. Pembelajaran
d. Kepribadian
e. Sikap

Perilaku Setelah Keputusan Pembelian
a. Percobaan
b. Pembelian ulang


 Contoh Kasus
Seiring dengan perkembangan jaman, semakin maju pula teknologi yang semakin canggih. Begitu pula dengan konsumen yang semakin cerdas dalam memilih perangkat telepon selular. Banyak dijaman sekarang bermunculan telepon seluler yang semakin inovasi. Seperti BlackBerry, Android, Iphone, dan SonyEricsson. konsumen memiliki beberapa alternatif yang ada dalam keputusan untuk membeli smartphone tersebut. Namun sebelum melakukan keputusan dalam pembelian tersebut konsumen harus memprioritaskan kebutuhan yang akan dibeli dengan keuangan/keadaan yang sesuai dengan masing - masing konsumen. Setelah itu konsumen mengumpulkan informasi tentang kelebihan dan kekurangan dari produk tersebut. Kemudian mengumpulkan informasi tentang smartphone tersebut konsumen biasakan akan melakukan evaluasi terhadap produk yang diinginkan. setelah itu konsumen dapat melakukan keputusan apakah akan membeli atau menolak produk yang telah di telusuri. Jika konsumen melakukan pembelian maka pemasar akan dianggap telah berhasil begitu juga dengan sebaliknya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar